SISTEM KERJA MOTOR 4TAK
kita kembali lagi sob ke topik
“dumor” (dunia motor) heeee:-)
ok… pasti sudah denger kan istilah
motor 4tak?
kira2 motor 4tak itu apa ya?
mari kita bahas sama-sama.yukkkk…ayukkk
kira2 motor 4tak itu apa ya?
mari kita bahas sama-sama.yukkkk…ayukkk
motor 4tak adalah
motor yang proses kerja mesinnya
dalam satu kali usaha memerlukan 4-langkah kerja piston.
Yuuuuk bahas satu persatu,, Yuk ayaaaaa...Yuuuuuuuuuuuuuuuk.....
1.hisap
*langkah
kerja piston pertama
pada langkah ini piston dari titik mati atas bergerak ke titik mati bawah.bersamaan dengan itu kelep in atau kelep masuk terbuka “(kelep in ini berhubungan dengan sistem pengkabut atau karburator/injeksi(pada motor injeksi) saat piston turun,inilah terjadinya proses hisap.
pada langkah ini piston dari titik mati atas bergerak ke titik mati bawah.bersamaan dengan itu kelep in atau kelep masuk terbuka “(kelep in ini berhubungan dengan sistem pengkabut atau karburator/injeksi(pada motor injeksi) saat piston turun,inilah terjadinya proses hisap.
2.kompresi
*langkah
piston ke dua
setelah piston turun ke titik mati bawah maka selanjutnya piston bergerak naik ke titik mati atas.sebelumnya menghisap kini piston mengkompresi bahan bakar yang telah tercampur dengan udara tadi.bersamaan dengan itu semua kelep menutup rapat.sehingga tidak ada celah bagi bahan bakar tadi,atau terjebak di ruang bakar.inilah yang di sebut proses kompresi
setelah piston turun ke titik mati bawah maka selanjutnya piston bergerak naik ke titik mati atas.sebelumnya menghisap kini piston mengkompresi bahan bakar yang telah tercampur dengan udara tadi.bersamaan dengan itu semua kelep menutup rapat.sehingga tidak ada celah bagi bahan bakar tadi,atau terjebak di ruang bakar.inilah yang di sebut proses kompresi
3.usaha
*langkah
piston ketiga
bahan bakar yang terjebak tadi kemudian di sulut oleh pentikan api busi sehingga terjadi ledakan yang membuat piston menghasilkan sebuah usaha yang sangat kuat”(dorongan kuat)” yang efek nya akan menimbulkan gaya putar.
bahan bakar yang terjebak tadi kemudian di sulut oleh pentikan api busi sehingga terjadi ledakan yang membuat piston menghasilkan sebuah usaha yang sangat kuat”(dorongan kuat)” yang efek nya akan menimbulkan gaya putar.
4.buang
*langkah
piston yang ke 4
setelah piston terdorong kuat ke bawah oleh ledakan diruang bakar piston akan otomatis naik lagi ke atas nah moment ini lah yang di manfaatkan untuk proses pembuangan saat sisa bahan bakar yang tidak berguna untuk di keluarkan.pada proses ini kelep “ex”(terhubung dengan kenalpot/lubang pembuangan) membuka, sedang kelep “in” menutup.
setelah piston terdorong kuat ke bawah oleh ledakan diruang bakar piston akan otomatis naik lagi ke atas nah moment ini lah yang di manfaatkan untuk proses pembuangan saat sisa bahan bakar yang tidak berguna untuk di keluarkan.pada proses ini kelep “ex”(terhubung dengan kenalpot/lubang pembuangan) membuka, sedang kelep “in” menutup.
itu
lah sob sistem kerjanya,untuk menghasilkan 1 kali usaha piston bolak balik
nah ketauan kan kerja/langkah piston nya 4kali.inilah cikal bakal di sebut motor 4langkah atau 4tak
nah ketauan kan kerja/langkah piston nya 4kali.inilah cikal bakal di sebut motor 4langkah atau 4tak
bisa
di bayangkan sob..satu kali dentuman bunyi motor mesin bekerja dalam proses
langkah yang lumayan panjang.jadi bisa di terka kan bila motor gasnya di
pelintir ampek mentok berapa kali piston naik turun
Semoga bermanfaat.............
Tidak ada komentar:
Posting Komentar