Walau sama-sama garuk tanah, motocross dan
garsstrack berbeda, ya pasti dong. Tapi prinsifnya sama, iya sama-sama pakai
ban tahu, kan? Bukan itu bro, tapi manusia (pembalap), rangka-suspensi, dan
mesin punya peran seimbang. Itu sama dengan
rancang bangun Honda New Mega Pro grasstrack. Sasis dibikin kuat, suspensi
benar-benar cakar tanah milik special engine, mesin disuntik sesuai kebutuhan
dan peran jokinya.
Ada buktinya di acara Djarum Coklat Extra Grasstrack di
Ciamis, Jawa Barat, awal Oktober 2012.
New Mega Pro lansiran 2012 ini satu-satunya 4-tak yang ikut kelas campuran senior FFA yang
dikuasai Kawak Ninja 150. Dia dikepung 9 Ninja yang membawa sejata Shuriken
Jutsu (hahaha), New Mega Pro ke-2. Lumayan, untuk ukuran riset baru tiga bulan dilakukan Honda Banten MPC KYT IRC AHRS
(HBMKIA), pemilik motor ini. Paling
utama lagi, New Mega Pro pendatang baru di grasstrack.
BORING TIGER
Mesin kejar kapasitas sesuai konversi dengan 2-tak. Aturan
teknik grasstrack mirip-mirip dengan motocross. Di moto-x untuk 2-tak 125 cc
dan 4-tak 250 cc. Di grasstrack jelas dekat dengan motor umum di Indonesia
seperti Ninja 150 cc yang 2-tak, terus yang 4-tak jadi 250 cc. Tapi kapasitas
250 cc pada New Mega Pro belum didapat. Saat ini masih 196 cc.
Sederhananya, ambil silinder (boring) Honda Tiger 2000 bersama
pistonnya. Pakai standar diameter silinder Tiger pun, New Mega Pro ini masih
175 cc. Makanya kembali dioversize 125 dan dapatnya seperti yang disebut tadi.
“Untuk saat ini kapasistas begitu seimbang dengan rangka dan suspensi. Paling
pas lagi dengan karakter pembalanya,” jelas M Fachmy, juragan HBMKIA yang
bermarkas di Pandeglang, Banten tersebut .
Dengan penambahan kapasitas, tenaga juga berlipat. Tadinya
hanya 150 cc uap bahan bakar yang masuk ke ruang bakar, sekarang 196 cc. Itu
pun masih dibatasi, kalau kelebihan tenaga, hendiling akan ngaco. Trackernya
akan ampun-ampunan, tapi tetap gengsi minta ampun. Makanya nantinya bertahap
soal silinder ini sampai benar-benar seimbang soal rangka, suspensi dan
kebiasaan trackernya.
Defisit kapasitas diatur dari
durasi kem, per klep, karburator
dan kenalpot AHRS, ya, kompetisi semua. Juga belum gila-gilaan karena untuk
keseimbangan tadi. Mesin harus mampu membawa rangka, rangka dan suspensi harus
bisa menjalankan peran mesin dan bisa dituntaskan trackernya di sirkuit. Lebih lengkap ukuran-ukurannya ada di Data
Modifikasi
Kenalpot dirancang khusus lewat uji balistik. Maksudnya bro,
pakai dinamo. Wah masih salah, dynotest yang benar. Maklum, portal baru, jadi
kurang paham dengan alat-alat canggih, tahunya manual teknologi. Ya, dari mereknya kelihatan tuh AHRS yang ikut beriklan di portal ini. Jadi
sekalian ditulis saja. Wkwkwkw... Jangan tertawa, buktinya kenalpot ini mampu
menyumbang 15 persen tenaga.
Kenalpot pun ada versi khusus sirkuit yang pendek-pendek dan panjang-panjang. Yang bersua dengan portal di event kemarin pakai versi pendek. Bentuk kenalpot itu mirip pelepas gas buang Honda SE CRF150. Tapi yang di foto sebelum event, pakai AHRS yang model bulat alias AHRS F4.
RANGKA DAN SUSPENSI, GRADAK SUPERBOWL
Maniakmotor yang hadir di event grasstrack baru lalu saat
motor ini ke-2, menyimak rangka dan suspensi sesuai karakter mesin. Contoh, di superbowl atau 10
deretan gundukan rapat, mampu digradak. Gradak adalah, istilah para penggaruk
tanah saat melibas superbowl dengan rpm penuh sama dengan kecepatan full.
Maksudnya gas tidak tutup-buka, tapi dari gigi 3 itu motor digas habis. Bila rangka dan suspensi tidak mampu, pasti
trackernya telah jumpalitan, bro.
RANGKA DAN SUSPENSI, GRADAK SUPERBOWL
Maniakmotor yang hadir di event grasstrack baru lalu saat
motor ini ke-2, menyimak rangka dan suspensi sesuai karakter mesin. Contoh, di superbowl atau 10
deretan gundukan rapat, mampu digradak. Gradak adalah, istilah para penggaruk
tanah saat melibas superbowl dengan rpm penuh sama dengan kecepatan full.
Maksudnya gas tidak tutup-buka, tapi dari gigi 3 itu motor digas habis. Bila rangka dan suspensi tidak mampu, pasti
trackernya telah jumpalitan, bro.
Rangka ditopang suspensi special engine 85 cc yang rata-rata
dipakai utuk kelas senior. Lebih khusus lagi menggunakan milik YZ85. Motor ini
telah langganan dengan Kayaba yang diameter tabung 36 mm. Terus jarak mainnya
(travel) bisa 275 mm. Kamu bayangkan saja, pasti kemampuannya sama dengan SE85 melibas jumping dan trek kribo. Fork ini
diambil sekaligus dengan segitiganya. Biasanya satu paket dengan monosok.
Tetapi monosok malah
merek WP. Hehehe, itu tidak kalah nyaman untuk urusan peredam kejut. Ini
monosok ready to race. Kan begitu istilah KTM pada SE mereka. Itu monosok dari
KTM SX85. Monosok yang dilengkapi 25
klik pnyetelan rebound. Untuk motor ini dikasih pada klik 13 dari kiri. Klik
yang rata-rata dipakai crosser SE85 di kejurnas motocross Indonesia.
Monosok satu paket dengan lengan ayun dan roda. Dari lengan
ini bisa dibaca, bahwa WBC memakai konstruksi asli KTM SX85. Entah dari susdut
kemiringan monsok sampai konstruksi rangka dudukan atas monosoknya. SUMBER
klo diliat2 dari spesifikasi barang2 YG DIPAKE.....sekitar 30jt cz semua barangnya baru..
BalasHapusmau bikin juga??
Ini rangka standar d potong bagian belakang nya om???
BalasHapusPake arm apa itu mas
BalasHapus