Ganti laher bambu, perpanjang usia pakai
Kendala
bushing unitrack aus, dirasakan pemakai Kawasaki KLX 150S. Proses peredaman di
bagian belakang jadi kurang sempurna akibat sil rusak juga berkarat hingga
macet.
“Padahal, pemakaiannya untuk harian. Bukan yang ekstrem seperti adventure atau off-road. Mungkin bahan teflon yang dipakainya kurang bagus,” ungkap Sugiyono dari Rockwell Workshop di Jl. Sumur Batu Raya, Blok. A3, No. 2, Kemayoran, Jakarta Pusat.
Sugiyono
enggak sembarang ucap. Itu karena kendala ini dialami beberapa konsumennya.
Apalagi, bengkelnya kerap diserbu pemakai atau komunitas KLX 150S. “Apalagi
untuk pengendara yang bobotnya di atas 70 kg. Teflon ini jadi cepat termakan.
Mungkin, sekitar 4–5 bulan, harus ganti,” sebutnya.
Buat
mengakali problem yang terjadi, pria berambut panjang ini tentu punya jalan
keluar. Teflon itu, diganti pakai bearing alias laher bambu. Kondisi ini, dapat
mengurangi friksi di dudukan unitrack itu.
“Selain
kekuatannya lebih awet, harga bearing ini juga lebih murah dari teflon orisinal
KLX,” buka pria yang akrab disapa Mas No itu. Untuk laher bambu, dipakai merek
NTN. Menurutnya, part ini sama dengan laher lengan ayun di Nova Dash.
Bushing aus, sebaiknya ikut
diganti(kiri). Diameter laher bambu sedikit lebih besar(kanan) Harga
laher, per satuan dijual Rp 35 ribuan. Untuk dudukan, unitrack mengaplikasi 4
teflon. Jadi, kudu ganti keempat part itu sekaligus. “Tentunya jauh lebih murah
jika beli teflon KLX satunya dijual sekitar Rp 75 ribuan. Jadi, tinggal kali
empat aja,” sebut pria yang bisa diajak konsultasi di 0812-8206-6261.
Wah,
terbayang dong! Kalau pakai laher bambu, beli part hanya keluarkan uang Rp 140
ribu. Tapi, kalau pakai teflon, kudu rogoh saku lebih dalam sampai keluar uang
Rp 300 ribu tuh. Tetapi,
saran pria yang juga modifikator ini, baiknya penggantian laher bambu dilakukan
lebih awal. Ya, misalnya ketika motor itu baru datang dari dealer. “Itu untuk
menghindari part lain yang aus. Jadi, biayanya tidak bertambah,” kata Mas No
yang berusia 31 tahun ini.
Bicara
penggantian, butuh bantuan tukang bubut. Itu karena diameter laher bambu yang
dipakai, berukuran sama dengan sil. Maka itu, untuk masuk ke dudukan unitrack
butuh sedikit penyesuain. Tapi, kalau sobat ogah direpotkan, Mas No siap
melakukannya. Cukup siapkan uang Rp 300 ribu, itu sudah termasuk bearing, bubut
dan pemasangan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar